mitsubishi

MULTILEVEL MARKETING.. Sigh.. Hate it!

Adakah diantara kalian yang belum pernah mendengar tentang kata "MLM" atau lebih tepatnya MULTILEVEL MARKETING? Ingin "Syu syu syu" rasanya, seperti saat kita mengusir kucing yang sedang mengorek tongsampah di depan rumah kita, saat kita bertemu dengan teman yang tiba-tiba datang dan berbicara serta mengajak kamu untuk bergabung di dalam bisnis MULTILEVEL MARKETING ini, yang selanjutnya akan saya singkat dengan MLM.

So, bisnis MLM apa itu 100% benar? atau 100% penipuan?
jawabannya

"TERGANTUNG"

tahukah kalian dari sejak nama MLM dikenal masih ada perusahaan yang bertahan sampai dengan saat ini, sebut saja amway dan oriflame.  Siapa yang tidak pernah mendengar kedua nama MLM tersebut.  Namun terbukti mereka adalah MLM yang benar dan bonafit serta memberikan benefit dan produk yang bagus bagi member maupun non member mereka.

Namun seiring perkembangan jaman dan penipu yang berkembang pesat. MLM ini disalahgunakan dan diselewengkan, sehingga meninggalkan bekas negatif dan trauma bagi sebagian orang oleh karena mereka kehilangan uang yang mereka investasikan disana.

Tapi sekali lagi, tidak semua MLM itu buruk.  Yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapinya dan menelusurinya apabila kita tertarik oleh salah satu MLM yang sedang beredar sekarang.


Berikut Ciri-Ciri MLM yang Akan AWET Bertahan Lama:
  1. Menyediakan produk atau jasa yang memang bermanfaat bagi banyak orang.
  2. Produknya mudah diserap pasar, mudah laku, laris. Dengan Produk yang laris maka Anda tetap bisa dapat banyak untung dari jualan eceran sekalipun (tentu ada serangkaian kegiatan yang perlu dilakukan agar laku dan untung).
  3. Mudah dimengerti mengapa dapat untung, dari mana sumbernya, misalnya karena adanya omset yang tercipta, artinya logis (masuk akal), sumber penghasilannya sangat jelas bahkan sebelum Anda bergabung (mendaftar, diminta email, dsb) Anda sudah tau untungya dari mana.
  4. Hampir tidak mungkin membuat membernya “rugi”, kecuali sponsornya salah presentasi atau si member tidak jadi menjalankan isyarat suksesnya.
  5. Member untung, sponsor untung, upline atau leader untung (yang bekerja proporsional). Konsumen akhir juga untung karena yang mereka beli dapat mereka nikmati, perusahaan juga untung. Jadi Awet deh :)
  6. Mempunyai “potensi” untuk tumbuh besar, walaupun awalnya cukup kecil.
  7. Untuk skala yang lebih besar maka ada ijin dari negara (legal, resmi) baik produknya & perusahaannya.
  8. Dapat dimulai dengan skala kecil (dengan modal yang relatif ringan). Tidak mematok modal uang yang nilainya seragam dan besar (kan kemampuan orang berbeda-beda), sebab belum tentu Anda sukses walaupun bayar gede. Boleh juga (ada opsi) untuk memulai dengan modal yang relatif besar.
  9. Tersedia support sistem yang canggih (lebih keren lagi yang lengkap) baik di darat ataupun di internet, yang memungkinkan Anda lebih mudah untuk memulai, tumbuh dan berkembang.
  10. Di dalamnya terdapat orang-orang yang “Gembira” walaupun mungkin bonus uangnya belum begitu besar (kecuali orang-orang yang tak pandai bersyukur) hehe.. Bisnis MLM yang bagus memang bukan tentang uang semata, melainkan juga tentang kebersamaan, tentang leadership (kempimpinan), tentang belajar, tentang kekuatan impian, tentang membangun, tentang motivasi, tentang saling semangat-menyemangati, tentang bekerja keras, tentang belajar kerja lebih cerdas, tentang keluarga, dsb. Tentang Uang? So Pasti…
Di akhir kata, bila anda sedang ingin bergabung dengan salah satu MLM lebih baik anda perbandingkan ciri ciri yang sudah saya paparkan diatas, bila memenuhi kriteria, mengapa tidak?


Telah

No comments:

Post a Comment